@thesis{thesis, author={ULFA MARIATI}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA MILENIAL PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3691/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dakota milenial pada pelajaran matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall. Dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 3 tahap, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, dan desain draf produk (validasi, revisi, prototype). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sakra sebanyak 20 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi dan angket. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil validasi dan skala dua untuk analisis angket respon siswa. Hasil validasi dari ahli tampilan media dan ahli materi menunjukkan klasifikasi “baik” dan “sangat baik” dengan total nilai untuk validasi tampilan media adalah 41 dengan rata-rata 4,1, dan total nilai untuk validasi materi adalah 43 dengan rata-rata 4,3. Sedangkan hasil angket respon siswa pada ujicoba sangat positif dengan memperoleh ratarata persentase 99,3% untuk jawaban “ya”, dan 0,7% untuk jawaban “tidak”. Dengan demikian, dapat disimpulkan media dakota milenial layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Dakota Milenial.} }