@thesis{thesis, author={PARHIATI NIRWANA}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS V SDN 01 SELONG KECAMATAN SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3742/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami siswa, faktor penyebab kesulitan matematika, dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 6 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan memahami konsep perbandingan pecahan, dan kesulitan memecahkan masalah pada soal cerita. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap negatif dalam belajar matematika, motivasi belajar masih rendah, kesehatan tubuh tidak optimal, dan kemampuan pengindraan. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana di sekolah, serta lingkungan keluarga. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, Teori Belajar.} }