@thesis{thesis, author={HERMAWATI HERMAWATI}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPOKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MA NW PAOKLOMBOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3837/}, abstract={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPOKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MA NW PAOKLOMBOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 HERMAWATI Program Studi Pendidikan Biologi Email: hermawati17@gmail.com PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyaPengaruh Model Pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa Kelas X MA. Nw Paoklombok Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenispenelitianiniadalahquasi experimental design dalam bentuk post-test only control design. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XMA. NW Paoklombok dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas X2sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, yaitu secara acak. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtes yang berupatesuntuk melihat hasil belajar siswa.Teknikanalisa data yang digunakanuntukmengujihipotesisdalampenelitianiniadalahuji-t. Nilai rata-rata darihasiltes belajarsiswa yangdiperolehdarikelaseksprimen yaitu ( = 73,5) dankelas kontrol ( = 68,3). Hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal. Untuk kelas eksprimenNilaiχ2hitung(7,08)<χ2tabel(11.070)dankelascontrolnilaiχ2hitung(6,65 )<χ2tabel(11,070). Sedangkan untuk uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelompok berkategori homogen yangdilihatdarinilaiFhitung (0,99) t-tabel (1,67). Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X MA. NW Paoklombok Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci:Model pembelajaran jigsaw , Hasil belajar.} }