@thesis{thesis, author={MULYANA MULYANA}, title ={KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMAN 2 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3870/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMAN 2 Masbagik tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian comarison. Dalam bentuk Randomized posttest- only comparison desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester 1 SMAN 2 Masbagik tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (NHT) dan kelas IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (STAD). Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar kognitif siswa dalam bentuk tes essay yang berjumlah 8 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 (NHT) yakni 73,92 dan kelas eksperimen 2 (STAD) 76,46. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5 % adalah diperoleh thitung sebesar 1,42. Setelah dibandingkan dengan ttabel 1,67, maka thiting 1,42