@thesis{thesis, author={Susilawati Rani Ika}, title ={PENGARUH KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PERILAKU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 03 KALIJAGA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3881/}, abstract={Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh keluarga broken home terhadap perilaku dan prestasi belajar anak serta upaya guru dalam mengatasi siswa yang mengalami broken home di SDN 03 Kalijaga Selatan. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa kelas V di SDN 03 Kalijaga Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara.Untuk menganalisis data, peniliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu analisis data yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sumber data yang digunakan yaitu sebanyak 8 orang (kepala sekolah, guru kelas, paman subjek dan lima teman subjek). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa keluarga broken home mendapat pengaruh yang kurang baik terhadap perilaku dan prestasi anak, Perceraian sangat berpengaruh terhadap perilaku dan prestasi belajar anak, anak terpukul dengan keadaan keluarganya yang tercerai berai, anak tidak bisa mengendalikan emosi dengan baik dan akhirnya mempengaruhi kondisi belajar anak, anak tidak mendapatkan perhatian lebih dari orang tuanya sehingga anak memiliki prestasi belajar yang rendah. Upaya yang bisa diberikan guru untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara memberikan perhatian lebih kepada siswa yang mengalami broken home. Kata Kunci: Keluarga Broken home, Perilaku Dan Prestasi Belajar Anak} }