@thesis{thesis, author={TIAS NURUL ISTIANI AYUNIN}, title ={PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MASBAGIK PADA MATERI PENCEMARAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3897/}, abstract={Penerapan Creative Problem Solving Model Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Masbagik Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Tahun Pelajaran2017/2018. Nurul Istiani Ayunin Tias Program Studi Pendidikan Biologi Email: Nintias01@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Creative Problem Solving Model terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Masbagik pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup pada tahun pelajaran 2017/2018.Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen, dengan designpenelitian posttest-only control design. Pengambilan sampel dilakukan denganCluster Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa untuk kelaseksperimen dan 34 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data denganmenggunakan tes (post-test) dan dokumentasi. Berdasarkan hasilpenelitian diketahui bahwa peserta didik untuk kelas eksperimen denganmenggunakan Creative Problem Solving Modeldiperoleh nilai uji-t padapost-test diperoleh t hitung = 9,11 dengan t tabel =1,99. Dengan demikian apabila thitung > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran Creative Problem Solving Model berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelasX SMA Negeri 1 Masbagik pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan hidup pada tahun pelajaran 2017 2018. Kata kunci : Creative Problem Solving Model, kemampuan berpikir kreatif.} }