@thesis{thesis, author={ASTIKA RINA}, title ={PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS V111 MTS DARUSSOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3903/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh metode Pembelajaran diskusi tipe buzz group terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan pencemaran lingkungan siswa kelas VII MTS Darussolihin NW Kalijaga Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimen dan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain only post test design group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTS Darussolihin NW Kalijaga. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah intrumen tes (pilihan ganda). Hasil penelitian menunjukkan data yang terkumpul dengan menggunakan tes diperoleh rata-rata (Mean) untuk kelas kontrol adalah 59,21 dan standar deviasinya (SD) adalah 6,01. Sedangkan untuk nilai kelas eksperimen diperoleh rata-rata (Mean) adalah 77,14 dan standar deviasi (SD) adalah 8,87. Hasil Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh thitung > ttabel (2,41 > 1,706) maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran diskusi tipe buzz group terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas VII MTS Darussolihin NW Kalijaga tahun pembelajaran 2014/2015. Kata kunci: metode diskusi tipe buzz group, hasil belajar.} }