@thesis{thesis, author={WAHYUNI SRI}, title ={PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3910/}, abstract={SRI WAHYUNI,14220003. (2018): Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dipadu Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Selong, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Hamzanwadi, Pembimbing 1) Indra Himayatul Asri, M.Pd dan 2) Nunung Ariandani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dipadu Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Memecahan Masalah Siswa Kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan melibatkan adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester 1 SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 2 kelas. Kelas X BHS sebagai kelas eksprimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan memecahkan masalah dalam bentuk tes essay yang berjumlah 6 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata–rata post-test kelas eksperimen yakni 77,52 dan kelas kontrol yakni 65,42. Sedangkan, uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 4,09. Setelah dibandingkan dengan ttabel 1,63, maka thitung 4,09> ttabel 1,63, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah “Ada Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dipadu Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018”. Kata Kunci : Problem Based Learning, Group Investigation, Kemampuan Memecahkan Masalah.} }