@thesis{thesis, author={HASTUTI YUNIA IDA}, title ={PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3913/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 1 Keruak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dalam bentuk post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Keruak dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas X MIPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, yaitu secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berupa tes essey. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan uji homogenitas data dengan menggunakan rumus uji-F, sedangkan tekhnik uji hipotesis menggunakan rumus uji-t. Nilai rata-rata dari hasil tes belajar kognitif yang diperoleh dari kelas eksprimen (=76,27) dan kelas kontrol (= 57,8). Hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal dan tidak normal. Untuk kelas eksprimen nilai x2hitung (8,307) ttabel (1,832). Dengan demikian ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Keruak Tahun Pelajaran 2016/2017 Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar Kognitif eksprimen nilai x2hitung (8,307)