@thesis{thesis, author={SAFIQYANI SY. ROSSIDA}, title ={PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/3965/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan metode discovery learning melalui lesson study pada pokok bahasan usaha dan energi kelas X di SMAN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action reaserch) melalui pola lesson study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket minat belajar peserta didik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning melalui lesson study dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan usaha dan energi kelas X SMAN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. Skor rata-rata minat belajar peserta didik meningkat dari siklus I yaitu 81,85 13,28 berada pada kategori tinggi menjadi 84,1 8,8 pada siklus II berada pada kategori sangat tinggi. Dan prestasi belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan, yaitu pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 82,96 12,03 dengan ketuntasan klasikal 74,03% menjadi nilai rata-rata 84,1 6,94 dengan ketuntasan klasikal 96,3% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I belum tercapai , akan tetapi pada siklus II menunjukan bahwa ketuntasan klasikal sudah tercapai yaitu . Artinya, penerapan metode discovery learning melalui lesson study dapat meningkatan minat dan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan usaha dan energi kelas X SMAN 1 Wanasaba. Kata kunci: metode discovery learning, lesson study, minat, dan prestasi belajar.} }