@thesis{thesis, author={ARIANINGSIH ROHATIN}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV MATERI POKOK KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SDN 6 RENSING TAHUN PELAJARAN 2019/2020.}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4063/}, abstract={Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis untuk memotivasi, membina, membantu, serta membimbing seseorang untuk mengembangkan segala potensinya dan mampu mencapai kualitas diri yang lebih baik untuk itu seorang guru harus memilih beberapa metode pembelajaran yang nantinya akan mampu mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe Think pair share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Pokok Keteramiplan Membaca Intensif. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-posttes desigen dengan jumlah sampel sebanyak 33. Analisis data di uji dengan menggunakan T-test Pairet tes untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan metode pembelajaran Cooperetif tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 6 Rensing Tahun pelajaran 2019/2020. Hasil perhitungan yang dibuktikan dengan hasil hitung pada uji t kelompok pre-test dan post-test sebesar 10.245 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,036. Jadi dapat disimpulkan bahwa, metode pembelajaran Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang di lakukan di SDN 6 Rensing Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci :Pembelajaran Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Siswa} }