@thesis{thesis, author={WILANTIKO DODY}, title ={PENGARUH MODEL GUIDE NOTE TAKING(GNT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII MTs. NW MENGKURU TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4094/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guide note taking (GNT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. NW Mengkuru pokok bahasan operasi bilangan bulat tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. NW Mengkuru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain posttest-only control design. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan test hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata data motivasi siswa untuk kelompok eksperimen 55,90 dan kelompok kontrol nilai rata-rata 50,90. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 65,90 dan kelompok control 55,90. Data dianalisis menggunakan uji-t. umtuk uji hipotesis hasil belajar diperoleh thitung > ttabel, yaiu 2,32 > 1,672. Hal ini berarti, bahwa hipotesis yang diajukan di terima ( Ho ditolak Ha diterima). Maka dikatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pengaruh model guide note taking(GNT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan operasi bilangan bulat pada siswa kelas vii mts. nw mengkuru tahun pelajaran 2018/2019 Kata Kunci: guide note taking(GNT, hasil belajar siswa.} }