@thesis{thesis, author={MAULINA HANA}, title ={PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII MTs NW IJOBALIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4104/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII di MTs NW Ijobalit Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs NW Ijobalit Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling tipe purposive sampling. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kepercayaan diri. Data dianalisis menggunakan uji-t satu pihak, hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung ttabel yaitu untuk hasil hipotesis tes kemampuan komunikasi matematis diperoleh thitung = 3,04 dengan ttabel = 1,68, adapun untuk hasil hipotesis angket keprcayaan diri diperoleh thitung = 2,71 dengan ttabel = 1,68. Karena hasil thitung > ttabel maka “Ha” diterima dan “Ho” ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa kelas VIII MTs NW Ijobalit tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Kepercayaan Diri.} }