@thesis{thesis, author={JANNAH MIFTAHUL}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN SELF CONFIDANCE SISWA KELAS VIII MTS. NW KORLEKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4132/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap prestasi belajar matematika dan self confidence siswa kelas VIII di MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Simple Random sampling. Dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Grup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self confidence dan tes hasil belajar matematika siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test Polled Varians. Hasil hipotesis pertama menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (4,0758 > 1,70113) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap self confidence siswa dalam pokok bahasan pola bilangan kelas VIII di MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019”. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (4,1683 > 1,70113) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, Sedangkan hasil hipotesis menggunakan uji MANOVA dengan harga F sebesar 1,411 signifikansi 0,024 < 0,05 untuk posttest, sedangkan harga F sebesar 2,106 dengan signifikansi 0,015 < 0,05 untuk self confidence. sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap prestasi belajar matematika siswa dalam pokok bahasan pola bilangan kelas VIII di MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Prestasi Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa} }