@thesis{thesis, author={HANDAYANI NINI SRI}, title ={EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NW PERIGI}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4167/}, abstract={Nini Sri Handani (15210022). 2019. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs NW Perigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematic Eduction (RME) terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika siswa MTs. NW Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NW Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan simple random sampling. Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Control-group post test only desaign. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosional dan tes hasil belajar matematika siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil hipotesis kecerdasan emosional menunjukkan bahwa > yaitu (1,990 > 1,701) dan hipotesis hasil belajar matematika siswa ditunjukkan bahwa > yaitu (2,61 > 1,701) yang berarti ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) efektif terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs NW Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Realistic Mathematic Eduction (RME), kecerdasan emosional, hasil belajar matematika siswa.} }