@thesis{thesis, author={IMROATI RAHMA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP SELF CONFIDANCE DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BATUKLIANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4171/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik terhadap self-confidance dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis pnelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas A sebagai kelas ekperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Factorial. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah anget self-confidance dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil pengujian hipotesis I menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 14,086 ≥ 2,78 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signitifikan dalam penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik terhadap self-confidance dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batukliang tahun pembelajaran 2018/2019. Kata kunci: model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan saintifik, self-confidance, hasil belajar.} }