@thesis{thesis, author={HIDAYAH ZUHRIYATUL}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII MTS SAKINATUL WALIDAIN NW BOROK GERUNG}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4265/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampeling jenuh. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Raancangan penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Pre-test-Post-test Control Grup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil hipotesis kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,259 > 1,684) dan hasil hipotesis angket self-confidence menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (7,5 > 1,684) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa kelas VIII MTs Sakinatul Walidain NW Borok Gerung tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Meaningful Instructional Design (MID), Pendekatan Kontekstual, Komunikasi Matematis, Self-Confidence.} }