@thesis{thesis, author={IMRON M. ALI}, title ={KOLABORASI REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 01 DANGER TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4296/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi realistic mathematic education dan role playing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 01 Danger tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design . Subjek penelitian ini ialah siswa kelas III berjumlah 18 orang.Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis dengan uji-t Hasil penelitian, uji normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasilnya, pada masing-masing kelas baik itu kelas kontro lmaupun kelas eksperimen didapati kesimpulan bahwa Fhitung < Ftabel (0.15 < 0.2 ) yang berarti data berdistrbusi normal. Uji homogenitas dengan taraf signifikansi α = 5 % , disimpulkan F hitung < Ftabel ( 1.28 < 2.101) berarti dua kelompok memiliki varian yang sama atau homogen. Sedangkan, hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol diuji melalui uji “t” ditemukan nilai dk = n1 + n2 -2 = 18 + 18 – 2 = 34, serta taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung = 2.85 > ttabel = 1.69, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan hasil tersebut menandakan bahwa adanya pengaruh kolaborasi realistic mathematic education dan role palying terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 01 Danger tahun ajaran 2018/2019 KataKunci : Realistic Mathematic Education ,Role Playing, Hasil Belajar.} }