@thesis{thesis, author={MARDIANA MARDIANA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 7 RUMBUK TAHUN AJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4303/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Dramatic Learning Terhadap Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 7 Rumbbuk TP.2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan posttestonly control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap SDN 7 Rumbuk Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui dongeng siswa yang menggunakan model dramatic learning. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas dan reabilitasnya. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil pretest dan posttes. Hasil tes pada pretest mencapai rata-rata 58 atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada saat posttes rata-rata meningkat menjadi 75 dengan kategori baik. Peningkatan yang terjadi dalam kemampuan berbicara dari pretest ke- posttest menunjukkan peningkatan sebesar 14,70 atau sekitar 25,39%. Untuk uji prayarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,052 >2,037. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran dramatic learning terhadap kemempuan berbicara melalui dongeng siswa kelas V SDN 7 Rumbuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: dramatic learning, kemampuan berbicara} }