@thesis{thesis, author={YADI MU’AT}, title ={EVALUASI POLA LITERASI DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SELONG}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4310/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif deskriptifyang bertujuan untuk mengetahui pola dan startegi yang di gunakan dalam melaksanakan gerakan literasi di sekolahdasar. Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah dasar di kecamatan selong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi yang di kembangkan yakni literasi bacatulis. Literasi baca tulis di laksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap pembiasaan 15 menit, pembelajaran dan pengembangan. Masing-masing sekolah melaksanakan literasi dengan pola dan strategi yang berbeda-beda. Pelaksanaan literasi di sekolah dasar sudah menunjukkan hasil yang baik karena dapat meningkatkan prestasi belajar dan dapat meningkatkan minat baca bagi siswa. Hambatan yang di temukan dalam penelitian ini adalah: 1). Kurangnya buku non pelajaran yang di sediakan sekolah, 2). Sebagian sekolah tidak memiliki kepala perpustakaan sehingga perogram perpus kurang sistematis dan terstruktur, 3). Kurangnya program-program perpustakaan yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Adapun solusi yang di tawarkan adalah : 1). Kepala sekolah bisa melakukan kerja sama dengan perpustakaan daerah dalam pemenuhan buku non pelajaran, 2). Mengangkat tenaga perpustakawan supaya aprogram perpus berjalan dengan terstruktur dan sistematis, 3). Mengadakan program-program perpustakaan yang dapat meningkatkan motivasai siswa seperti, books lover, bulan bahasa, dan world book day. Kata Kunci: evaluasi pola literasi di sekolah dasar} }