@thesis{thesis, author={OKTAFIA NOVI ARNITA}, title ={KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DENGAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D DAN 3D SMKN 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4345/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komparasi Model Pembelajaran Teaching Factory Dengan Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia Pada Pembelajaran Animasi 2D dan 3D SMKN 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Janapria. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik claster sampling. Kelas XI Multimedia-A sebagai kelas eksperimen I sedangkan kelas XI Multimedia-B sebagai kelas eksperimen II. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode Paired Sample T Test. Hasil hipotesis untuk keaktifan belajar menunjukan bahwa thitung < ttabel (0,074 < 2,04) dan nilai Sig. (2-tailed) > 0,05 (0,941 > 0,05) maka H0 diterima dan Ha ditolak, sedangkan untuk hasil belajar thitung < ttabel (482 < 2,04) dan nilai Sig. (2-tailed) > 0,05 (0,634 > 0,05) maka H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Teaching Factory dengan Project Based Learning pada siswa kelas XI Multimedia pembelajaran Animasi 2D dan 3D SMKN 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Teaching Factory, Project Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar} }