@thesis{thesis, author={ABDULLAH ABDULLAH}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG NILAI PLASTIK TRANSFARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN SISWA KELAS III MI NW NO 3 PANCOR JORONG}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4426/}, abstract={ABSTRAK ABDULLAH. 2018. Pengembangan media kantong nilai plastik trasparan melalui model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan siswa kelas III MI NW NO 3 Pancor Jorong 2016/2017. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univesitas Hamzanwadi. Pembimbing (1) Zohrani, M.Pd (II) Doni Septu Marsa Ibrahim, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media kantong nilai plastik trasparan melalui model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan yang efektif dan praktis dalam proses pembelajaran. Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan menjadi lima tahap yaitu; 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pembuatan dan validasi produk, 4) uji coba lapangan skala kecil, 5) perbaikan produk dan uji coba lapangan skala besar. Data hasil pengembangan diperoleh dari validasi ahli, dan angket respon siswa yang kemudian dianalisis menggunakan skala empat. Berdasarkan validasi ahli materi didapatkan hasil dengan kategori baik dengan skor 46 berada pada interval 39,< 52. Sedangkan validasi ahli alat peraga didapatkan hasil dengan kategori sangat baik dengan skor 44 berada pada interval 38 < 39. Dan Setelah produk divalidasi dan dinyatakan valid maka dilanjutkan dengan uji coba. Adapun uji coba yang dilakukan yaitu uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar. Dari hasil uji coba lapangan skala kecil diperoleh angket respon siswa dengan subjek 10 orang yaitu 78 dengan kategori “tinggi" dan berada pada interval 37,017>X ≥35,9. Kemudian pada skala besar diperoleh angket respon siswa dengan subjek 24 orang yaitu 36,95 dengan kategori “tinggi" dan berada pada interval 37,92 > X 36,95. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa dalam penelitian ini pengembangan media kantong nilai plastic trasparan melalui model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dapat dikatakan valid, praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: media kantong nilai plastic trasparan melalui model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan, dan hasil penelitian} }