@thesis{thesis, author={LILI SUHARYATI BAIQ}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 5 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4439/}, abstract={ABSTRAK BAIQ LILI SUHARYATI. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 5 Sakra Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperaif Tipe Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SDN 5 Sakra Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan model True- Eksperimental Design, model One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan adalah kelas IV sebanyak 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, kelas IV-A digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B digunakan sebagai kontrol. Data yang diperlukan diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Tes sebelumnya Tes sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas sehingga dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 5% = 0,05 , didapatkan thitung > ttabel yaitu 1,877 > 1,721, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar} }