@thesis{thesis, author={ROZALIA EMA}, title ={PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN MEDIA TEKIJAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENGUKURAN WAKTU PADA SISWA KELAS II SDN 1 PIJOT TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2017}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4467/}, abstract={ABSTRAK Ema Rozalia. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Media Tekijam Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pengukuran Waktu Pada Siswa Kelas II SDN 1 Pijot Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). FKIP Universitas Hamzanwadi Selong. Pancor. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik menggunakan media tekijam terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan pengukuran waktu pada kelas II SDN 1 Pijot Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu soal essay. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II A yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh data pre-test dengan nilai rata-rata 55,00 dan pada data post-tes diperoleh rata-rata 70,00. Berdasarkan hasil pengujian analisis regresi linier sederhana, yaitu rhitung ≤ rtabel yaitu 3,26 ≤ 4,41 dan didapatkan harga nilai koefisien determinasi (R2 ) adalah 0,7518. Hal ini berarti bahwa sebesar 75,18% peningkatan hasil belajar matematika dipengaruhi oleh pendekatan matematika realistik menggunakan media tekijam dan sisanya 24,82% merupakan paktor lain. Artinya, pendekatan matematika realistik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Pijot Tahun Pembelajaran 2017/2018. Kata Kunci : pendekatan matematika realistik menggunakan media tekijam, hasil belajar} }