@thesis{thesis, author={ISNIATI HELI}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 SIKUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2017}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4475/}, abstract={ABSTRAK Heli Isniati : Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 3 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar IPS dilaksanakan di SDN 3 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu True-experimental desain bentuk posttest-only control design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan dianalis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data untuk hasil uji normalitas angket motivasi kelas eksperimen hitung 2  =6,381 < tabel 2  = 9,488, untuk kelas kontrol hitung 2  =3,409 < tabel 2  = 9,488. Sedangkan untuk hasil uji homogenitas angket motivasi didapat hasil Fhitung = 1,51 < Ftabel = 2,00. Dari kedua hasil menunjukkan bahwa kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen, sedangkan untuk uji hipotesis angket motivasi didapat hasil thitung 4,13 dan t-tabel 2,01. Karena t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Probing Prompting, Motivasi Belajar.} }