@thesis{thesis, author={KHOTIMAH HUSNUL}, title ={PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NW DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4478/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap penanaman karakter dan hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan skala 4 dan uji-t rumus polled varian . Hasil hipotesis angket siswa pada kelas eksperimen, yaitu “baik”, dengan rata-rata jumlah skor siswa 48 (54,48 > X ≥ 48,00) sedangkan pada kelas kontrol, yaitu “kurang ”, dengan rata-rata jumlah skor siswa 40 (40,05 > X ≥ 37,80) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap penanaman karakter siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018 dan hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (8,13 > 2,02) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: model problem based learning, penanaman karakter dan hasil belajar.} }