@thesis{thesis, author={ULYANA ULYANA}, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA POKOK BAHASAN NORMA YANG BERLAKU DI MASYARAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LSQ(LEARNING START WITH A QUESTION) PADA SISWA KELAS III SDN 5 MONTONG BETOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://eprints.hamzanwadi.ac.id/4621/}, abstract={Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar PKn siswa kelas III SDN 5 Montong Betok melalui metode pembelajaran aktif LSQ (Learning Start With A Question)”. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SDN 5 Montong Betok melalui model pembelajaran aktif LSQ (Learning Start With A Question)”. model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana penelitian dapat di laksanakan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus di peroleh data kualitatif berupa aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini yang ada pada siklus I nilai rata-rata 68,05 dan siklus II nilai rata-rata 78,6 berarti nilai rata-rata pada siklus II dapat mengalami peningkatan. Dengan demikian ketuntasan belajar yang dicapai adalah 77,77% sehingga hasil yang diperoleh ini sudah mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan kriteria yang ditentukan 75%. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telahdilaksanakandalamduasiklus yang berkelanjutan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 5 Montong Betok pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Norma Yang Berlaku Di Masyarakat. Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Learning Start With A Question} }