@thesis{thesis, author={H. Dwi Condro Triono and Supriyanto Supriyanto}, title ={PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI PADA SISWA SMK GANESHA TAMA BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1013/}, abstract={PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI PADA SISWASMK GANESHA TAMA BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017 Supriyanto ABSTRAK Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik. Kompetensi kepribadian merupakan sejumlah kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan pribadi dengan segala karakteristik yang mendukung pelaksanaan tugas. Sementara Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam ada beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor eksternal diantaranya kompetensi pedagogic dan kompetensi kepribadian guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic terhadap prestasi belajar. 2) untuk mengetahui kompetensi kepribadian dengan perstasi belajar,dan 3) untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Ganesha Tama Boyolali. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini mulai Maret tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan Ganesha Tama Boyolali yang berjumlah 88siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 88siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan total sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan 1) kompetensi pedagogik X1 berpengaruh terhadap Y sebesar 0,511 yang berarti 51,1%, sedangkan selebihnya sebesar 48,9% dipengaruhi variabel dari luar. 2) kompetensi kepribadian X2 berpengaruh terhadap Y sebasar 52,1%, sedangkan 47,9% dipengaruhi variabel dari luar. 3) kompetensi pedagogik X1 dan kompetensi kepribadian X2 terhadap prestasi belajar Y sebesar 52,3%, selebihnya dipengaruhi dari luar sebesar47,7%. Dalam hal ini, persamaan regresi dari tabel tersebut adalah Y=-8.053+0,230X1+0,137X2. Jika X1 dan X2 sama dengan nol maka nilai Y adalah -8.053. jadi Y tanpa X1 dan X2 yaitu -8.053. Sehingga dapat disimpulkanterdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islamsiswa SMK Ganesha Tama Boyolali tahun 2016/2017. Kata kunci :kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian guru, prestasi belajar PendidikanAgama Islam THE INFLUENCE OF PEDAGOGIC COMPETENCE AND TEACHER PERSONALITY COMPETENCEON ISLAMIC EDUCATION (PAI) LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS AT SMK GANESHA TAMA BOYOLALI IN ACADEMIC YEAR 2016/2017 Supriyanto ABSTRACT Pedagogic competence is the ability of a teacher in managing the learning process associated with the learner. Personality competence is a number of competencies related to personal ability with all the characteristics that support the implementation of the task. Meanwhile, there are several factors of learning achievement of Islamic Education, namely internal factors and external factors. External factors include pedagogic competence and teacher personality competence. This research is intended to find out: 1) the influence of pedagogic competence on learning achievement of Islamic Education, 2) the personality competence on learning achievement of Islamic Education and 3) the pedagogical competence and personality competence on learning achievement of Islamic Education. This research used quantitative research method. This research was conducted at SMK Ganesha Tama Boyolali in March 2017. Population in this study was all students of class XII at SMK Ganesha Tama Boyolali consisted of 88 students.Sample of this study was 88 students. Sampling technique in this study was based on probability sampling. Data collection technique was conducted by employing questionnaire and test. The result of this study shows that 1) Pedagogic competence X1 influences on Y of 0.311 which means 51.1 %, while the remaining 48.9% is influenced by other variables. 2) Pedagogic competence X2 influences on Y of 52.1%, while the remaining 47.9% is influenced by other variables. 3) Pedagogic competence X1 and X2 influence on learning achievement Y of 52.3%, while the remaining 47.7% is influenced by other variables. This means regression equation of that table is Y=-8.053+0,230X1+0,137X2. If X1 and X2 are zero, Y will be -8.053. So, Y without X1 and X2 is -8.053. Furthermore, it can be concluded that there is an influence of pedagogic competence and teacher personality competenceon Islamic Education learning achievement of students at SMK Ganesha Tama Boyolali in academic year 2016/2017. Keywords: pedagogic competence, teacher personality competence, learning achievement of PAI "طلابالمدارسالثانويةالمهنية" منسنوات "غانيشاتامابويولالي" أجران 2016/2017 سوبريانتو خلاصة وهيالكفاءةالتربويةقدرةالمعلمفيإدا} }