@thesis{thesis, author={Prof. Drs. H. Rohmat and Supriyanto Supriyanto}, title ={INOVASI MANAJEMEN PENGAJARAN DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH (MIM) SABRANGLOR TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1014/}, abstract={INOVASI MANAJEMEN PENGAJARANDALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH (MIM) SABRANGLOR TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016 Supriyanto Abstrak Pelaksanaan inovasi menejemen pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Kabupaten Klaten tahun 2016. Penelitian ini merumuskan bagaimana dan sejauhmana inovasi menejemen pengajaran dalam meningkatkan prestasi siswa kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Kabupaten Klaten tahun 2016 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Kabupaten Klaten, pada bulan April sampai Mei 2017.Subjek dalam penelitian kepala sekolah.Adapun informan dalam penelitian waka kesiswaan, guru, siswa.Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data dan Triangulasi sumber.Teknik analisis data menggunakan metode interaktif, pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui (1) Inovasi manejemen pengajaran dalam peningkatan prestasi siswa kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Kabupaten Klaten tahun 2016 dilakukan dengan Perencanaan yaitu Inovasi manejemen pengajaran bukan pada wujud fisik, melainkan juga yang non fisik oleh guru.perencanaan program dalam pengembangan potensi guru untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Pengorganisasian meliputi pengaturan kelembagaan dalam struktur organisasi, pengelolaan, pengembangan potensi guru secara inovatif baik dari internal lembaga maupun personel.Pelaksanaan kegiatannya sebelum pembelajaran guru diberikan banyak workshop, diklat, pelatihan tentang inovasi guru dalam mengajar siswanya, supaya siswa dapat berprestasi. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru guru yang mengajar serta dari dinas pendidikan bagian pengawas atau supervisi yang diagendakan setiap bulan oleh pengawas dari dinas pendidikan. Kata kunci: Inovasi, pengajaran dan prestasi.   INNOVATION OF LEARNING MANAGEMENT ACHIEVEMENT ACHIEVEMENT ACHIEVEMENT STUDENTS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH (MIM) SABRANGLOR TRUCUK DISTRICT OF KLATEN IN 2016 Supriyanto Abstract Implementation of teaching management innovation in Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Klaten Regency 2016. This research formulate how and how far teaching management innovation in improving student achievement of second grade at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Klaten Regency 2016 This research used qualitative method. The research was conducted in Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Klaten Regency, from April to May 2017. Subject in principal research. As for informant in research student student, teacher, student. Data collecting technique by interview , Observation and documentation. Data validity techniques use Triangulation of data and Triangulation of sources. Data analysis techniques use interactive methods, data collection, data presentation, data reduction and conclusion. The results of the research are known (1) Innovation of teaching management in improving the achievement of second grade students in Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Sabranglor Trucuk Klaten Regency in 2016 is done by Planning ie Innovation of teaching management not on physical form but also non-physical by teacher. In developing teacher potential to create innovation in learning. Organizing involves institutional arrangements in the organizational structure, management, development of teacher potential innovatively both from internal institutions and personnel. Implementation of activities before teacher learning is given many workshops, training, training on teacher innovation in teaching students, so that students can excel. Supervision is done by the principal to the teacher of the teaching teacher as well as from the supervisory department supervisor or supervision department which is scheduled every month by the supervisor of the education office. Keywords: Innovation, teaching and achievement. ابتکار طلاب التحصیل في إنجاز التحصیل في إدارة التعلم Ù¢ مدیریة إبتدیة محمد (ميم) سابرانغلور تروكوك مقاطعة كلاتن في عام ٠٢ Ù¡ Ù¦ سوبريانتو نبذة مختصرة تنفيذ إدارة الابتكار في المدارس في مدرسة الإبتدائية المحمدية سابرانغلور تروكوك كلاتن ريجنسي ٠٢ Ù¡ Ù¦. هذا البحث يصوغ كيف وإلى أي مدى ابتكار إدارة التعليم في تحسين التحصيل الدراسي للصف الثاني في المدرسة الإبتدائية المحمدية (ميم) سابرانغلور تروكوك كلاتن ريجنسي٠٢ ١٦استخدÙ} }