@thesis{thesis, author={Alifa Rachma Santi and Drs. Suluri}, title ={HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN ETIKA MAKAN SISWA KELAS VIII DI MTs N ANDONG BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1043/}, abstract={ABSTRAK Alifa Rachma Santi, (133 111 198), Hubungan Persepsi Siswa tentang Pendidikan Islam dalam Keluarga dengan Etika Makan Siswa Kelas VIII di MTs N Andong Boyolali Tahun Ajaran 2016/ 2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Suluri, M.Pd. Kata Kunci : Persepsi Siswa tentang Pendidikan Islam dalam Keluarga, Etika Makan Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terlihat banyak siswa makan dengan berdiri maupun dengan berjalan atau bahkan dengan berlarian. Terlihat juga siswa makan dengan berlebihan melebihi porsinya, sehingga hal ini menyebabkan siswa mengantuk pada saat pelajaran di kelas. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah. (1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pendidikan Islam dalam keluarga pada siswa kelas VIII di MTs N Andong Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. (2)Untuk mengetahui etika makan yang telah diterapkan oleh siswa kelas VIII di MTs N Andong Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang pendidikan Islam dalam keluarga dengan etika makan siswa kelas VIII di MTs N Andong Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di MTs N Andong Boyolali Tahun Ajaran 2016/ 2017 dengan sampel sebanyak 190 dari 363 populasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Propotionate Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dua buah angket untuk mengukur variabel persepsi siswa tentang pendidikan Islam dalam keluarga dan etika makan. Uji coba instrument persepsi siswa tentang pendidikan Islam dalam keluarga menghasilkan 27 butir valid dan uji coba instrument etika makan menghasilkan 25 butir valid dimana masing-masing variabel berjumlah 30 soal. Uji reliabilitas instrument persepsi siswa tentang pendidikan Islam dalam keluarga menggunakan rumus Alfa Croncbach diperoleh rhitung (1,038) > rtabel (0,361) dan uji reliabilitas etika makan menggunakan rumus Alfa Croncbach diperoleh rhitung (1,041) > rtabel (0,361). Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: (1) Persepsi Siswa tentang Pendidikan Islam dalam keluarga di MTs N Andong Boyolali Tahun Ajaran 2016/ 2017 tergolong sedang dengan prosentase 61%,. (2) Etika Makan siswa kelas VIII di MTsN Andong Boyolali Tahun Ajaran 2016/ 2017 tergolong sedang dengan prosentase 56%. (3) Hasil korelasi product moment diperoleh 0,171) > (0,138) maka diterima dan ditolak, artinya persepsi siswa tentang pendidikan Islam dalam keluarga mempunyai hubungan positif dengan etika makan siswa. Artinya semakin baik pendidikan Islam dalam keluarga maka semakin baik pula etika makan siswa, dan sebaliknya jika semakin buruk pendidikan Islam dalam keluarga maka semakin buruk pula etika makan siswa.} }