@thesis{thesis, author={Amanda Roviana and Hj. Siti Choiriyah}, title ={POLA PENDIDIKAN ISLAM PADA KELUARGA HOME INDUSTRI ROTAN DIDESA GATAK KABUPATEN SUKOHARJO}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1047/}, abstract={ABSTRAK Amanda Roviana. 133111203. Mei. 2017. Pola Pendidikan Islam pada Keluarga Home Industri Rotan di Desa Gatak Sukoharjo.Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas FITK, IAIN Surakarta. Pembimbing 1: Hj. SitiChoiriyah, M. Ag., Kata kunci: Pola Pendidikan Islam, Home Industri Rotan Dengan berbagai kesibukan sebagai seorang wirausahawan pengrajin rotan orang tua kurang dalam memberikan keteladanan dan pendidikan Islam bagi anaknya hanya memfasilitasi dari segi materi namun dalam kaitannya dengan perhatian ada yang memperhatikan dan bahkan ada juga yang kurang perhatian dan bahkan ada juga yang tidak perhatian sama sekali. Akan tetapi, anak-anaknya dapat menunjukkan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan Pendidikan Islam misalnya seperti kebiasaan sholat berjamaah di masjid meskipun para orang tua mereka tidak berjamaah di masjid, aktif dalam kegiatan TPQ meskipun orang tua mereka kadang lupa mengingatkannya, sopan kepada orang yang lebih tua, mampu menunjukkan sikap terpuji, bahkan nilai PAI baik secara akademik dan non akademik di sekolah juga baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan pada Desember sampai Maret 2017 di Keluarga Home Industri Rotan.Subyek penelitian ini yaitu Keluarga Home Industri Rotan dan yang menjadi informan adalah anak-anak dari Keluarga Home Industri Rotan, Ketua RT, Ketua RW, Takmir Masjid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan metode. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pola Pendidikan Islam pada keluarga Home Industri Rotan berkemampuan untuk mengetahui hak anak dan kewajibannya sebagai orang tua. Memberikan tanggung jawab dan kepercayaan kepada anak namun tetap mengontrol kegiatan anak baik disekolah maupun dilingkungan sekitar rumah. Seorang anak akan menjadi manusia yang berguna apabila diasuh dengan pola atau metode yang baik, model pola pendidikan Islam pada orang tua dalam meningkatkan ketaatan beribadah dan prestasi belajar anak tentu ada pengaruhnya. Adapun Faktor Pendukung tempat pembelajaran pendidikan Islam di sekitar Rumah seperti TPA/TPQ Lingkungan keluarga dan masyarakat yang Islami , dan adanya fasilitas keagamaan di rumah. Sedangkan faktor Penghambatnya antara lain: Kesibukan orang tua, adanya acara siaran TV yang tidak mencerminkan tuntutan Pendidikan terutama Pendidikan Islam; teman dan lingkungan baik sekolah maupun masyarakat yang kurang baik.} }