@thesis{thesis, author={Aprilia Chorinawati and H. Moh. Mahbub}, title ={IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL PADA SANTRI TPQ ROUDHOTUL QUR’AN DESA CEPOKO PANEKAN MAGETAN TAHUN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1054/}, abstract={ABSTRAK Aprilia Chorinawati, 2017, Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Pada Santri TPQ Roudhotul Qur’an Desa Cepoko Panekan Magetan Tahun 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : H. Moh. Mahbub, S. Ag., M.Si. Kata Kunci : Implementasi Pendidikan Karakter, Kepedulian Sosial Masalah dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter merupakan hal yang penting dalam membentuk karakter baik pada anak. Karakter yang baik akan tertanam pada anak melalui pengenalan dan pembiasaan yang didapatkan oleh anak sejak usia dini, karena karakter tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus dibentuk dan ditumbuh kembangkan. Pendidikan karakter yang didapatkan santri TPQ Roudhotul Qur’an dalam nilai kepedulian sosial, ditanamkan melalui pembiasaan dan pengenalan pada santri mengenai kepedulian antar sesama sehingga tertanam karakter kepedulian sosial yang baik pada diri anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter kepedulian sosial pada santri TPQ Roudhotul Qur’an desa Cepoko Panekan Magetan Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian di TPQ Roudhotul Qur’an Desa Cepoko Panekan Magetan, pada bulan Mei 2017 sampai dengan Juli 2017. Subyek penelitian ini adalah ustadz/ustadzah dan santri TPQ Roudhotul Qur’an dan didukung informan penelitian yaitu Pimpinan TPQ dan wali santri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa dengan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi dengan teknik, selanjutnya dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penanaman dan pembentukan pendidikan karakter di TPQ Roudhotul Qur’an melalui 3 tahap yaitu : 1. Moral Knowing, yang menjadi tahap awal dalam memberikan pengetahuan mengenai karakter-karakter yang baik, yang mencakup pemberian pengetahuan dalam penanaman karakter pada anak. 2. Moral Feeling, merupakan tahapan penguatan yang berkaitan dengan perasaan yang dimiliki santri, yang terlihat dari respons atau tanggapan santri terhadap pembiasaan Infaq dan kegiatan sosia. 3. Moral Action, merupakan tahap terakhir yang terlihat dari perilaku dan sikap yang dimiliki santri dalam mengikuti kegiatan sosial maupun dalam menerapkan karakter yang baik di kehidupan sehari-hari.} }