@thesis{thesis, author={Badriyah Dwiyanti and Suyatman }, title ={HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1061/}, abstract={ABSTRAK Badriyah Dwiyanti. (133.111.033), 2017, Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII Di SMP Al Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Suyatman, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci : Konsep Diri, Akhlak Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh buruknya akhlak siswa kelas VIII di SMP Al Islam Kartasura yang diindikasikan oleh konsep diri yang dimiliki siswa negatif. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Konsep Diri Siswa Kelas VIII di SMP Al Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Al Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mengetahui Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII Di SMP Al Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Islam Kartasura pada bulan Desember 2016 s/d Mei 2017. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VIII di SMP Al Islam Kartasura yang berjumlah 139 siswa. Sampel berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dimana sampel terdiri dari beberapa kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dua buah angket untuk mengukur variabel konsep diri dan akhlak siswa. Uji coba Instrumen konsep diri menghasilkan 31 valid dan uji coba instrumen akhlak siswa 30 valid dimana masing-masing variabel berjumlah 40 butir soal. Uji reliabilitas instrumen konsep diri menggunakan rumus Alfa cronbach diperoleh rhitung 0,913> rtabel 0,361 dan uji reliabilitas akhlak siswa menggunakan rumus Alfa cronbach diperoleh rhitung 0,918> rtabel 0,361. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus Korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Konsep Diri Siswa Kelas VIII di SMP Al Islam Kartasura yang masih tergolong dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket yang memiliki rata-rata 118,40, median 118,43, modus 117,95, dan standar deviasi 9,43; 2) Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Al Islam Kartasura tergolong dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket yang memiliki rata-rata 112,15, median 111,5, modus 110,01, dan standar deviasi 9,28; 3) Hasil korelasi product moment diperoleh nilai r_hitung sebesar 0,943 dengan p=0,000. Oleh karena hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai p< 0,05 maka H_0 ditolak, artinya konsep diri mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan akhlak siswa, artinya semakin positif konsep diri maka akan semakin baik akhlak siswa, dan apabila semakin negatif konsep diri maka akan semakin negatif pula akhlak siswa. ABSTRACT Badriyah Dwiyanti. (133.111.033), 2017, Relationship Between Self Concept With Moral Student Moral In SMP Al Islam Kartasura Lesson 2016/2017. Essay. Islamic Religion Studies Program. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Advisor: Suyatman, S.Pd., M.Pd Keywords: Self Concept, Student Morals This research is based on bad behavior of class VIII students at SMP Al Islam Kartasura which is indicated by the self-concept of negative students. The purpose of this research is 1) To know Self Concept Student Class VIII in SMP Al Islam Kartasura Lesson Year 2016/2017. 2) To know the Morals of Student Class VIII in SMP Al Islam Kartasura Lesson Year 2016/2017. 3) To know the Relationship Between Self Concept With Student Morality Class VIII In SMP Al Islam Kartasura Lesson Year 2016/2017. The research method used is correlational quantitative method. This research was conducted at Al Islam Kartasura Junior High School in December 2016 until May 2017. The population covers all students of class VIII in Islamic Junior High School Al Islam Kartasura which amounted to 139 students. Sample amounted to 103 students. The sampling technique uses proportional random sampling in which the sample consists of several classes. Data collection method used in the form of two questionnaires to measure self concept variable and morals students. Trial Instrument self-concept produces 31 valid and test instrument 30 students morals valid where each variable amounted to 40 items. Self-concept instrument reliability test using Alfa cronbach formula obtained r_hitung 0,913> rtabel 0,361 and student's reliability test using Alfa cronbach formula obtained r_hitung 0,918> rtabel 0,361. The collected data is analyzed by Product moment Correlation formula. The results showed that: 1) Self Concept Students Class VIII in SMP Al Islam Kartasura which is still classified in the category of being. This is indicated by the questionnaire which has an average of 118.40, median 118.43, mode 117.95, and standard deviation of 9.43; 2) Moral Students of Class VIII in SMP Al Islam Kartasura belong to medium category. This is indicated by the questionnaire which has an average of 112.15, median 111.5, 110.01 mode, and standard deviation of 9.28; 3) Product } }