@thesis{thesis, author={Aziz Saputro and Dr. Fauzi Muharom}, title ={PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) BAGI GURU PAI DI SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN 2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1062/}, abstract={ABSTRAK Aziz Saputro, 2017, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru PAI Di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun 2017, Skripsi: Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta Pembimbing: Dr. Fauzi Muharom, M. Ag. Kata Kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Guru PAI Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru PAI Di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali, (2) Kendala yang dihadapi guru PAI dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru PAI Di SMP Negeri 2 Sawit, (3) Upaya dalam mengatasi kendala dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru PAI Di SMP Negeri 2 Sawit Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan pada bualan April sampai dengan Agustus 2017 di SMP Negeri 2 Sawit. Subyek Penelitian ini adalah 2 guru PAI SMP Negeri 2 Sawit, informan Penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Negeri 2 Sawit dan Waka Kesiswaan SMP Negeri 2 Sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, tahapan yang ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan PKB oleh guru PAI terdiri dari tiga usur kegiatan PKB yaitu pengembangan diri, publikasi ilmian dan karya inovatif. Kegiatan pengembanagan diri antara lain mengikuti MGMP, pelatihan, diklat, workshop, seminar dan lainya. Kegiatan publikasi ilmiah berupa karya tulis ilmiah yang sudah sampai tingkat nasional dan buku LKS yang sudah diterbitkan. Karya inovatif antara lain penyusunan standar dan pedoman pembelajaran, penyusunan soal ujian semester, pengembangan silabus, pengembangn RPP, pengembangan bahan ajar serta menyunting kis-kisi dan soal PAI melalui MGMP. Kegiatan-kegiatan PKB tersebut didukung dengan surat tugas sebagai bukti dan membuat laporan sebagi bukti melaksanakan kegiatan PKB. (2) Kendala guru PAI dalam melaksanakan PKB yaitu adanya permasalahan internal dan eksternal. Permasalahan internal meliputi minat, kemampuan menulis guru seperti menulis PTK,, keterbatasan waktu, dan umur. Permasalahan eksternal antara lain kurangnya sosialisasi mengenai PKB, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kurangnya kesempatan untuk mengembangkan profesi secara berkelanjutan. (3) Upaya mengatasi kendala antara lain bertanya dengan teman sejawat, mengkuti MGMP, mengikuti pelatihan, mengadakan sosialisasi PKB, memberikan dorongan dan motivasi kepada guru pelaksana PKB melalui surat tugas mengikuti MGMP, seminar, pelatihan dan lainya sebagai bentuk perhatian kepada guru, sekolah juga melakukan program pembinaan. ABSTRACT Aziz Saputro, 2017, Sustainable Development of Professions for PAI Teachers at SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Year 2017, Thesis: Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Surakarta Advisor: Dr. Fauzi Muharom, M. Ag. Keywords: Sustainable Culture Development, PAI Teachers The purpose of this study is to describe (1) Implementation of Sustainable Development of Teachers for PAI Teachers at SMP Negeri 2 Sawit Boyolali, (2) Obstacles faced by PAI teachers in Sustainable Development of Teachers for PAI Teachers at SMP Negeri 2 Sawit, (3) Efforts to overcome obstacles In Sustainable Teacher Development for PAI Teachers at SMP Negeri 2 Sawit This research is a descriptive qualitative research conducted on April to August 2017 at SMP Negeri 2 Sawit. The subject of this research is 2 teachers of PAI SMP Negeri 2 Sawit, informant This research is principal of SMP Negeri 2 Sawit and Waka Kesiswaan SMP Negeri 2 Sawit. The method used in this research is interview, observation, and documentation. Data analysis technique using source triangulation technique. Data analysis techniques using interactive model, the steps taken are data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this research are (1) Implementation of PKB by teacher of PAI consists of three activities of PKB that is self development, scientific publication and innovative work. Self-development activities include following the MGMP, training, training, workshops, seminars and more. Scientific publication activities in the form of scientific papers that have reached the national level and books published LKS. Innovative works include the preparation of standards and instructional guides, semester exam preparation, syllabus development, RPP development, development of teaching materials and editing of lattice and PAI issues through the MGMP. PKB activities are supported by a letter of duty as evidence and make the report as evidence of carrying out the activities of the CLA. (2) Constraints of PAI teachers in implementing PKB are internal and external issues. Internal issues include interest, teacher writing skills such as PTK writing, time constraints, and age. External } }