@thesis{thesis, author={Drs. H. Suparmin and ILMA ELVIANI}, title ={PELAKSANAAN HOME VISIT DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH AL-AUTSAR PROGRAM KHUSUS GUMPANG, KARTASURA TAHUN AJARAN 2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1097/}, abstract={ABSTRAK Dwiana Kamila Karomi, 133111258, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Di SMP N 5 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Drs. H. Suparmin, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Kinerja Guru PAI Kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru, dalam prakteknya kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja guru secara optimal.Kinerja guru memiliki hubungan dengan mutu pembelajaran dalam parakteknya guru mampu menyampaikan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI, kendala dalam meningkatkan kinerja guru PAI dan solusi untuk mengatasi kendala yang ada di SMP N 5 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP N 5 Sukoharjo, yang dilaksanakan pada bulan Januari hingga bulan Juli 2017. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah SMP N 5 Sukoharjo. Informan penelitian adalah guru PAI SMP N 5 Sukoharjo. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, model data (display data), dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ada tiga hal sesuai rumusan masalah penelitian yang bisa disimpulkan 1) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMP N 5 Sukoharjo dengan menerapkan upaya meningkatkan kedisiplinan, memberikan motivasi, memberikan penghargaan, terbuka, kekeluargaan dan musyawarah. 2) Kendala-kendala yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMP N 5 Sukoharjo fasilitas terbatas, komitmen guru kurang baik, guru melakukan usaha lain dan penguasaan materi. Solusi yang dilaksanakan kepala sekolah berkaitan dengan terbatasnya fasilitas dalam hal ini laboratorium adalah dengan menggunakan menggunakan fasilitas apa adanya serta mengadakan pembelajaran di luas kelas. 3) Solusi yang dilaksanakan kepala sekolah berkaitan dengan komitmen guru yang kurang baik adalah dengan menumbuhkan komitmen guru dalam pengajaran, sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pendidikan dan mempunyai semangat berjuang. Solusi yang dilaksanakan kepala sekolah berkaitan dengan guru melakukan usaha lain dengan membuat suatu kebijakan dengan memberikan tugas jam mengajar pada waktu yang bisa dilaksanakan guru dengan baik, demi lancarnya PBM. Solusi yang dilaksanakan kepala sekolah berkaitan dengan penguasaan materi yakni memberi tugas membuat RPP dan perangkat mengajar lainnya sebelum mengajar sehingga guru siap/matang dalam mengajar, bagi guru latar belakang pendidikannya tidak sesuai dengan tugas mengajarnya, seorang kepala sekolah memberi tugas seorang guru untuk mengajar sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan melaksanakan tugas mengajar berdasarkan pengalaman mereka.} }