@thesis{thesis, author={Dr. Fetty Ernawati and Khamid Baedhowi}, title ={GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NURUL IKHSAN BANJAREJO KECAMATAN GABUS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017 - COVER VERSION}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1127/}, abstract={ABSTRAK Khamid Baedhowi,(123111215). Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, 2017. Pembimbing : Dr. Fetty Ernawati, M.Pd. Kata Kunci : Gaya Kognitif Peserta Didik. Masalah dalam penelitian ini adalah guru cenderung tidak memperhatikan gaya kognitif siswa dalam pembelajaran, selain itu ada beberapa metode dan media pembelajaran yang tidak mengakomodasi gaya kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik di kelas VIII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriftif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kecamatan Gabus kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016-2017 pada bulan Juli 2016 sampai Desember 2016. Teknik sampling yang digunakan yakni, Sampling Jenuh dimana keseluruhan Populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 75 peserta didik. Metode pengumpulan data dengan angket. Melalui uji coba instrumen diperoleh 46 butir yang valid dari 60 item yang di uji cobakan. Uji reliabilitas diperoleh variabel Gaya Kognitif dinyatakan reliabel. Data yang terkumpul selanjutnya diuji dengan rumus Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Ikhsan Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016/2017 memiliki gaya kognitif field dependent sebanyak 47 siswa (62,67%) dan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent sebanyak 28 siswa (37,33%).} }