@thesis{thesis, author={Dra. Hj. Tasnim Muhammad and Muhamad Shohib Al Jazuli}, title ={PEMBINAAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI MAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1163/}, abstract={ABSTRAK Muhamad Shohib Al Jazuli, (133111377), Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan di MAN Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun 2017. Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta Pembimbing : Dra. Hj. Tasnim Muhammad, M.Ag. Kata Kunci : Pembinaan Karakter, Peduli Lingkungan Masalah penelitian ini adalah MAN Gondangrejo yang berperan penting dalam pendidikan agama merupakan sekolah rintisan adiwiyata menuju tingkat provinsi. Melaksanakan program adiwiyata bukan menjadi perkara yang mudah bagi madrasah. Karena program adiwiyata bertujuan menggerakkan seluruh warga madrasah supaya berpeduli lingkungan yang khusunya bagi siswa. Sehingga, banyak cara dan upaya yang dilakukan madrasah yaitu dengan membina karakter siswa berpeduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pembinaan karakter peduli lingkungan di MAN Gondangrejo Tahun 2017. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di MAN Gondangrejo berlokasi di Kabupaten Karanganyar, mulai bulan April-Juni 2017. Subjek penelitian adalah ketua koorndinator adiwiyata (peduli lingkungan). Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, beberapa guru mapel dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisis dengan dengan model interaktif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil data dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa MAN Gondangrejo melaksanakan program adiwiyata dengan melaksanakan kegiatan- kegiatan yang bersifat peduli lingkungan. Pelaksanaan pembinaan karakter peduli lingkungan terdiri atas: 1. Kegiatan sosialisasi peduli lingkungan secara langsung maupun tidak langsung; 2. Kegiatan-kegiatan MAN Gondangrejo berkaitan dengan peduli lingkungan berupa kegiatan di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran; 3. Sarana dan prasarana untuk menunjang pembinaan karakter peduli lingkungan meliputi, greenhouse, bank sampah, lingkungan taman di setiap kelas, tanaman-tanaman hias, kran air untuk penyiraman tanaman, biopori, tong sampah organik dan non organik; 4. Adapun usaha madrasah dalam pembinaan karakter peduli lingkungan ialah dengan menggunakan: a. metode pembiasaan atau pengembangan diri; b. metode pengintegrasian mata pelajaran meliputi mapel tafsir ilmu tafsir, matematika, dan kesenian; c. metode keteladanan; d. metode nasehat dan pemberian perhatian; e. metode reward and punishment; 5. Kendala yang dihadapai pembinaan karakter peduli lingkungan meliputi kontinuitas kegiatan pembinaan karkter peduli lingkungan, kesadaran siswa berpeduli lingkungan, dan kesadaran guru dalam mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan.} }