@thesis{thesis, author={Dra. Hj. Noor Alwiyah and Muslimin Muslimin}, title ={KOLABORASI METODE MURI-Q DENGAN METODE TATSMUR DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA’HAD TAHFIDZUL QUR’AN NUR CHAMMAD PANDEYAN, NGEMPLAK, BOYOLALI TAHUN 2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1182/}, abstract={ABSTRAK Muslimin, (133111064),2017, Kolaborasi Metode Muri-Q dengan Metode Tatsmur dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur‟an di Ma‟had Tahfidzul Qur‟an Nur Chammad Pandeyan Tahun 2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd. Kata Kunci : Metode Muri-Q, Metode Tatsmur, Pembelajaran Menghafal Al- Qur’an Masalah dalam penelitian ini adalah dalam menghafal Al-Qur’an diperlukan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran menghafal tercapai. Tetapi masih ada ustadz/ustadzh yang belum menerapkan metode dengan baik. Metode Tatsmur dan metode Muri-Q memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka untuk menutupi kekurangan Metode Muri-Q dibutuhkan kelebihan metode Tatsmur begitu juga sebaliknya. Maka perlu kolaborasi metode Muri-Q dengan metode Tatsmur untuk mewujudkan pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kolaborasi metode Muri-Q dan metode Tatsmur dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Ma'had Tahfidzul Qur‟an Nur Chammad Pandeyan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di Ma’had Tahfidzul Qur‟an Nur Chammad Pandeyan selama bulan Januari sampai Agustus tahun 2017. Subyek penelitian ini adalah Ustadz Ma’had dan informannya adalah Mudhir dan Santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data yang terkumpul dianalisis menggnakan model interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah Kolaborasi metode Muri-Q dengan metode Tatsmur dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Ma’had Tahfidzul Qur‟an Nur Chammad Pandeyan, metode Tatsmur sebagai langkah-langkahnya sedangkan metode Muri-Q sebagai irama lagunya. Dalam pembelajarannnya memiliki 3 kegiatan, yaitu (1) Muroja’ah dengan irama Muri-Q, yaitu kegiatan membaca ulang hafalan yang sudah dihafal dengan irama Muri-Q yang ilakukan secara klasikal, secara kelompok di awal dan akhir pembelajaran kelompok (2)Talaqqi dengan irama Muri-Q, yaitu kegiatan menambah materi hafalan baru dengan ustadz memberikan contoh bacaan ayat dengan irama Muri-Q kemudian santri menirukan. (3) Setoran dengan irama Muri-Q, yaitu kegiatan membaca hafalan santri di hadapan ustadz dengan menggunakan irama Muri- Q. setoran ini dilakukan secara harian, insidental dan di akhir tahun.} }