@thesis{thesis, author={H. Shofwan Anwar Abdul Rauf and Neni Isnawati}, title ={PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ ‘AMMA DI MADIN AL-MAKMUR 2 BANARAN KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1186/}, abstract={ABSTRAK Neni Isnawati, 2017, Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Hafalan Juz ‘amma di Madin Al-Makmur 2 Banaran kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: H. Shofwan Anwar Abdul Rauf, M.A. Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Hafalan Juz „amma. Pembelajaran hafalan juz „amma ini dianggap sebagai pembelajaran yang efektif sebagai tahap awal belajar menghafal Al-Qur‟an. Pembelajaran ini dapat diterapkan pada segala usia, salah satunya adalah diterapkan pada usia anak-anak. Usia anak-anak memiliki daya ingatan yang kuat meskipun mereka belum bisa membaca ataupun mengenali huruf hijaiyah. Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran hafalan pada anak-anak adalah metode drill. Pembelajaran dengan metode drill ini memberikan pengaruh positif terhadap para santri. Terbukti di Madin Al-Makmur 2 Bnaran Kalijambe Sragen ini, ketika para santri mengikuti proses pembelajaran hafalan juz „amma hal ini dapat terlihat ketika dalam pembelajaran Qur‟an para santri terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran hafalan. Meskipun mereka masih banyak yang belum bias membaca Al-Qur‟an maupun mengenal huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di Madin Al-Makmur 2 Banaran Kalijambe Sragen pada bulan Desember 2016 sampai bulanj Juli 2017. Subyek penelitian ini adalah ustadzah,dan santri. Informan penelitian ini adalah kepala Madin Al-Makmur 2 Banaran Kalijambe Sragen. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode driil dalam pembelajaran hafalan juz „amma dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap awal yakni persiapan di mana ustadzah mempersiapkan target hafalan yang nantinya harus dicapai oleh santri pada masing-masing tingkatan kelas. Tahap kedua yakni tahapan pelaksanaan pembelajaran hafalan juz „amma pada masing-masing kelas yang dibimbing langsung oleh ustadz/ustadzah yang mengajar. Tahap ketiga yakni tahap evaluasi dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan.} }