@thesis{thesis, author={Suyatman and Yunita Rahmawati}, title ={HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AQIDAH AKHLAK DENGAN AKHLAK SISWA KELAS XI IPA DI MAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1192/}, abstract={Yunita Rahmawati, 133111233, “Hubungan Antara Kompetensi Kepribadian Guru Aqidah Akhlak Dengan Akhlak Siswa Kelas XI Ipa Di Man Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017”, Skripsi: Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Suyatman, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, AkhlakSiswa Dalam proses belajar mengajar, kepribadian seorang guru aqidah akhlak yang mempengaruhi akhlak siswa di sekolahan. Akhlak siswa kerap kali dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang ada disekitarnya, sehingga guru di dalam sekolah harus senantiasa memberikan bimbingan dan pengawasan kepada siswa siswinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak dan gambaran akhlak siswa serta mengetahui hubungan antara kepribadian guru aqidah akhlak dengan akhlak siswakelas XI IPA di MAN Sukoharjo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan selama ± tujuh bulan diawali dari bulan Januari 2017sampai dengan Juli 2017, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MAN Sukoharjo, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 79 siswa yang di cari menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Teknik non probality sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan untuk uji hipotesis menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa; perhitungan singkat prosentase data kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak sebanyak 37 siswa masuk kategori sedang, data mengenai akhlak siswa diperolehhasil prosentase sebanyak 49 siswa masuk kategori sedang dan analisis data menggunkan rumus korelasi tata jenjang kemudian dikonversikan dalam rumusuji-t, pada variabel kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak dan akhlak siswa diperolehnilai t hitung 5,556 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan t tabel untuk uji coba dua pihak dk = n – 2 = 77 taraf signifikasi 5% sebesar 2,021, karena t hitung 5,556> t tabel 2,021 maka terdapat hubungan positif antara kompetensi kepribadian guru aqidah akhlak dengan akhlak siswa kelas XI IPA di MAN Sukoharjo 2016/2017.} }