@thesis{thesis, author={Drs. H. Suparmin and Nur Faizatul Hasanah}, title ={KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SMK MUHAMMADIYAH 2 WURYANTORO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1196/}, abstract={ABSTRAK Nur Faizatul Hasanah, 133111135, Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/ 2017, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. H. Suparmin, M. Pd Kata Kunci : Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Mutu Sekolah Kepala sekolah memiliki fungsi yang penting dalam meningkatkan kinerja, produktifitas guru, karyawan dan mutu sekolah yang dipimpinya. Kondisi yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Wonogiri menunjukkan adanya kepemimpinan kepala sekolah yang lebih aktif dalam mengembangkan bakat serta kreativitas bawahannya sehingga dapat mandiri sendiri. Selain itu, setiap pengambilan keputusan kepala sekolah selalu melibatkan bawahannya. Adapun sikap tegas dan berpandangan kedepan kepala sekolah dalam menghadapi setiap permasalahan. Akan tetapi, lembaga pendidikan swasta ini kurang diminati oleh masyarakat. Sehingga, kepala sekolah berusaha melakukan beberapa perubahan, khususnya dalam kegiatan kepemimpinannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Wonogiri, pada bulan November 2016 sampai Mei 2017. Subjek penelitian ini adalah kepala SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro. Sedangkan, informan penelitian ini adalah waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarpras, humas, Staff/ karyawan, guru mapel dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah adalah 1) Kepala sekolah menggunakan kepemimpinan sesuai dengan karakteristik bawahannya dalam meningkatkan mutu sekolah, yakni: a) Mengembangkan kreativitas bawahannya, b) Memberikan kesempatan kepada bawahan untuk mengambil keputusan dalam mendahulukan kepentingan yang darurat demi keselamatan semua anggota. c) Mengutamakan musyawarah demi kepentingan bersama, serta pengambilan setiap keputusan sesuai dengan tujuan organisasi. d) Mengembangkan regenerasi kepemimpinan dan perluasan kaderisasi di masa depan. 2) Kepala sekolah di SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Wonogiri dalam mengambil keputusan selalu melibatkan komponen sekolah melalui; a) Konsultasi (Sharing),yang mana pada kegiatan ini kepala sekolah melakukan rapat koordinasi dengan wakil kepala sekolah dan kepala jurusan, b) Pembagian tugas merata kepada seluruh warga sekolah, c) Musyawarah, d) Pemberdayaan yang berpusat kepada kepala sekolah, dan adanya e) Manajemen Partisipatif kepada bawahan.} }