@thesis{thesis, author={Hery Setiyatna and Zul Ngulya Gati}, title ={HASIL BELAJAR FIQH SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN KITAB MABADI’UL FIQIH DALAM KURIKULUM DINIYAH DI MTs UNGGULAN NURUL QUR’AN NAYAN, SIMO, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1197/}, abstract={Zul Ngulya Gati, Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII Dengan Menggunakan Kitab Mabadi’ul Fiqih Dalam Kurikulum Diniyah Di MTs Unggulan Nurul Qur’an Nayan, Simo, Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta, Juni 2017. Pembimbing : Hery Setiyatna, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Siswa, Mabadi’ul Fiqih dan Kurikulum Diniyah Masalah penelitian ini adalah kesadaran siswa dalam mempelajari materi-materi yang terkandung dalam Kitab Mabadi’ul Fiqih yang masih rendah. Salah satu sebabnya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Arab-arab gundulpada kandungan Kitab Mabadi’ul Fiqih di kelas VIII. Hasil belajar siswa harus dilakukan sebagai tolak ukur penilaian siswa setelah mempelajari dan memahami kandungan materi-materi Kitab Mabadi’ul Fiqih. Namun, masih terdapat kurangnya kesadaran siswa dalam mempelajari Kitab Mabadi’ul Fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan kitab Mabadi’ul fiqih bagian bab Thaharah pada siswa kelas VIII di MTs Unggulan Nurul Qur’an Nayan, Simo, Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di MTs Unggulan Nurul Qur’an Nayan, Simo, Boyolali pada bulan Januari – Mei 2017 dengan subyeknya adalah guru dan siswa kelas VIII MTs Unggulan Nuru Qur’an Nayan, sedangkan informan adalah Wakasek Kesiswaan dan guru lain. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Tehnik analisis data terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fiqih siswa kelas VIII dengan menggunakan Kitab Mabadi’ul Fiqih khususnya pada bagian Bab Thaharah dalam kurikulum Diniyah di MTs Unggulan Nurul Qur’an Teter, Simo, Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagian siswa memiliki kemampuan membaca Arab Pegon secara lancar sehingga hasil belajar fiqih dengan menggunakan Kitab Mabadi’ul Fiqih yang diperoleh siswa cukup baik.} }