@thesis{thesis, author={Dr. Imam Makruf and Rani Umi Solikhah}, title ={PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI SMP AL-ISLAM KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1205/}, abstract={Rani Umi Solikhah (133111305). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII di SMP Al-Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Strategi pembelajaran, Contextual Teaching And Learning, Mata pelajaran Fiqh Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang disekolah mendapatkan pembelajaran Fiqh seharusnya mampu menerapkan apa yang diterimanya namun belum semua siswa mampu menerapkan Fiqh dalam kehidupan sehari-hari,bahkan siswa ramai ketika pembelajaran Fiqh sedang berlangsung. Oleh karena itu perlunya strategipembelajaran Contextual Teaching And Learning yang membantu siswa mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong untuk mandiri dan kreatif walaupun strategi ini belum maksimal dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII di SMP Al-Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di SMP Al-Islam Kartasura, sejak bulan Mei sampai Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Fiqh kelas VII dan Siswa kelas VII A, B, sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah SMP Al-Islam Kartasura dan Wali Kelas VII A, B. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan analisis interaktif meliputi langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan menggunakan beberapa komponen, diantaranya adalah kontrukstivisme yang dibentuk dari kegiatan guru yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca buku/ referensi. Setelah siswa menemukan materi shalat jum’at yang akan dibahas maka dibentuklah masyarakat belajar (learning community) serta modelingatau mempraktikkan shalat jum’at secara berkelompok. Kesempatan siswa dalam masyarakat belajar ialah dapat bertanya jawab. Dari kegiatan mendapatkan tugas yang harus dipecahkan dalam kelompok, melakukan observasi dengan membaca buku/ observasi, membuat dan menyajikan hasil diskusi maka terbetuklah inkuiri (menemukan). Dilanjutkan dengan pemberian refleksi berupa pertanyaan mengenai pertemuan tersebut. Dan yang terakhir adalah proses penilaian sebenarnya (authentic assesment), yang tidak hanya dilaksanakan sesudah proses pembelajaran tetapi juga pada waktu pelaksanaan. ABSTRACT Rani Umi Solikhah (133111305). Implementation of Contextual Teaching And Learning Learning Strategy in Class VII Class VII Subjects at SMP Al-Islam Kartasura Lesson 2016/2017. Thesis: Islamic Religious Studies, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Advisor : Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. Keywords : Learning strategy, Contextual Teaching And Learning, Fiqh Subject The problem in this study is that students in school get learning Fiqh should be able to apply what it receives but not all students are able to apply Fiqh in everyday life, even students are crowded when learning Fiqh is underway. Hence the need for a Contextual Teaching And Learning learning strategy that helps students link the material taught to real-world situations and encourages self-reliance and creativity even though this strategy has not been maximized in its implementation. This study aims to find out the Implementation of Learning Strategy Contextual Teaching And Learning In Class VII Subject Subjects in SMP Al-Islam Kartasura Lesson 2016/2017. This research is a qualitative descriptive research at SMP Al-Islam Kartasura, from May to August 2017. The subjects in this research are Teacher Fiqh class VII and Student class VII A, B, while the informant is Principal of SMP Al-Islam Kartasura and Guardian Class VII A, B. Data were collected using interview technique, observation and documentation. While the technique of data validity used is triangulation of source and triangulation method. The data collected is then analyzed by interactive analysis including the following steps: data reduction, data presentation and conclusion or verification. The results of this study show the implementation of Contextual Teaching And Learning learning strategy using several components, such as constructivism formed from teacher activities that provide opportunities for students to read books / references. After the students find the prayer material Friday that will be discussed then formed the learning community (learning community) as well as modeling or practice prayers jum'at in groups. Opportunities students in the lear} }