@thesis{thesis, author={Dra. Hj. Noor Alwiyah and Riati Asri Rokhani}, title ={UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DI MTs NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1213/}, abstract={Riati Asri Rokhani (133111298). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) DI MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd. Kata Kunci : Guru, Minat Belajar, Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). Masalah dalam penelitian ini adalah anak MTs yang seharusnya sudah bisa membaca Al-Qur’an atau membaca Al-Qur’an itu dijanjikan Allah SWT mendapatkan pahala, namun belum semua anak mempunyai minat yang tinggi di dalam membaca Al-Qur’an. Kewajiban membaca Al-Qur’an dipengaruhi oleh faktor minat. Bahwa guru harus meningkatkan minat siswa dengan melalui cara salah satunya adalah dengan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA), dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) ini untuk mengembangkan minat belajar membaca Al-Qur’an untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo,sejak bulan Januari sampai Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA), informannya adalah Kepala Sekolah MTs Negeri Bendosari Sukoharjo, Siswa Kelas VIII B dan orang tua. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif meliputi langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) yaitu: 1)Faktor internal dengan cara guru ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) memberikan usulan kepada kepala Madrasah agar menetapkan kegiatan ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) sebagai ekstrakurikuler wajib.2) Faktor eksternalnya dengan cara guru ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) untuk senantiasa menyampaikan keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari setelah selesai melaksanakan sholat dhuhur berjama’h.3) Reward dan Punishment. Bentuk Reward tersebut berupa sejumlah uang, buku dan Al-Qur’an. Sedangkan bentukPunishmentyaitu membersihkan masjid, mengaji di halaman Madrasah, membuang sampah dan membersihkan kelas.} }