@thesis{thesis, author={Putria Hakim Franata and Yayan Andrian}, title ={IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DUSUN GUDANG KAPUK, KELURAHAN SRAGEN WETAN, KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1219/}, abstract={ABSTRAK Putria Hakim Franata. (133.111.311), Juli 2017, Implementasi Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nur Dusun Gudang Kapuk, Kelurahan Sragen Wetan, Kabupaten Sragen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Yayan Andrian, S.Ag., M.EdMgmt Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Pondok Pesantren. Penelitian ini dilatar belakangi karena pembahasan kurikulum di Pondok Pesantren An-Nur ini masih belum popular dan asing disinggung walaupun sebenarnya sudah direalisasikan. Perencanaan pembelajaran seperti Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, dan musyawarah para ustadz pun hasilnya juga belum terdokumentasikan secara tertulis. Dalam pembelajarannya pondok pesantren ini membutuhkan waktu tempuh yang relatif singkat, yaitu hanya sekitar satu sampai dua tahun. Pondok pesantren ini hanya menekankan pada pembelajaran Al-Qur’an dan Al-Hadist dan tidak mempelajari kitab kuning. Mereka menganggap bahwa mempelajari Al-Qur’an dan Himpunal Al-Hadits saja sudah cukup membekali santri-santri sebagai da’i-da’i pemula Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren An-Nur Dusun Gudang Kapuk, Sragen pada bulan April 2017 sampai bulan Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadz dan santri Pondok Pesantren An-Nur, sedangkan informannya yaitu kyai pondok Pondok Pesantren An-Nur. Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi sumber dan metode. Dan untuk teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nur walaupun belum tersusun rapi dan terdokumentasikan seperti di lembaga pendidikan formal seperti sekolah-sekolah yang sudah mempunyai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus, Pondok Pesantren ini sudah memiliki persiapan-persiapan dalam pembelajarannya seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran; 2) Perencanaan pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nur mulai dari menyiapkan materi, menentukan target, penderesan atau muraja’ah; 3) Pelaksanaan pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nur ini dibagi menjadi lima bagian yaitu salam, pembukaan, materi, penutup, dan penderesan atau muraja’ah oleh santri. Begitu juga dengan kelas saringan, pelaksanaan pembelajarannya juga dibagi menjadi lima bagian seperti di atas; 4) Evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nur ini berbeda dengan evaluasi-evaluasi di Pondok Pesantren tradisional (salaf) pada umumnya, dimana dalam evaluasi menggunakan evaluasi sumatif yang dilaksanakan sebulan sekali tepatnya di minggu terakhir. Evaluasi di Pondok Pesantren ini juga sudah menggunakan rapor atau Laporan Hasil Belajar santri (LHB) yang biasanya hanya dimiliki oleh sekolah-sekolah.} }