@thesis{thesis, author={Asri Palupi and Drs. Subandji}, title ={PROSES PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI PRA KUTTAB DI KUTTAB IBNU ABBAS R.A BELANGWETAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1433/}, abstract={ABSTRAK Asri Palupi, 2017 , Proses Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pra Kuttab di Kuttab Ibnu Abbas R.A Belangwetan Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Subandji, M. Ag selaku pembimbing I Kata Kunci: proses pengembangan, kecerdasan spiritual, anak usia dini Kecerdasan spiritual adalah salah satu kecerdasan yang harus dikembangkan sejak anak usia dini. Karena kecerdasan spiritual sebagai pondasi awal untuk anak dan sebagai bekal untuk mereka, namun pada kenyataanya pembelajaran di Kuttab Ibnu Abbas R.A dapat mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini Pra Kuttab di Kuttab Ibnu Abbas R.A Belangwetan Klaten Tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pra Kuttab di Kuttab Ibnu Abbas R.A Belangwetan Klaten pada bulan November 2016 - bulan Juli 2017. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas Tamhidi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendamping Kelas Tamhidi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pra Kuttab di Kuttab Ibnu Abbas R.A Belangwetan Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam pelaksanaannya menggunakan kurikulum Iman dan kurikulum Ibadah yang terdiri dari materi Aqidah, Akhlaq, Hadist, Adab dan Sirah yang cara penyampaianya dengan cara dialog, Sirah Nabi dan memberikan contoh pada kehidupan sehari-hari, mengingat cara berfikir anak-anak masih berupa hal yang konkrit. Materi yang disampaikan tidak hanya materi Aqidah, Akhlaq, Hadist, Adab dan Sirah saja tetapi dilengkapi dengan materi sains (percobaan lilin yang dikaitkan dengan Allah memberikan oksigen gratis untuk para Umat-Nya) serta materi bahasa dan matematika.} }