@thesis{thesis, author={Dina Hayuwati and Dr. Fetty Ernawati}, title ={HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KONSENTRASI MENGHAFAL AL-QURAN PADA SISWA YANG MENGIKUTI TAHFIDZ AL-QURAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1503/}, abstract={xi Setiap siswa mempunyai cara-cara tersendiri untuk menghafal al-Quran. Realitanya ada sebagian siswa yang kesulitan berkonsentrasi dalam menghafal al- Quran, padahal telah menggunakan gaya belajar yang berbeda-beda ketika belajar. Melihat bahwa gaya belajar siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi konsentrasi menghafal al-Quran. Maka, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018. (2) Mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar auditori dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018. (3) Mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Muhammadiyah 1 Klaten kelas Tahfidz yang mengikuti kegiatan Tahfidz al-Quran tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi Spearman Rank dan uji t dengan menggunakan variabel gaya belajar (X) sebagai variabel bebas dan variabel konsentrasi menghafal al-Quran (Y) sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada hubungan antara gaya belajar visual dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Berdasarkan perhitungan t hitung (-0,4638) < t tabel (2,021). Hal ini berarti semakin tinggi penggunaan gaya belajar visual, maka tidak mempengaruhi tingginya konsentrasi menghafal al-Quran siswa. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar auditori dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Berdasarkan perhitungan t hitung (6,928) > t tabel (2,021). Hal ini berarti semakin tinggi penggunaan gaya belajar auditori, maka semakin tinggi konsentrasi menghafal al- Quran siswa. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan konsentrasi menghafal al-Quran pada siswa yang mengikuti Tahfidz al-Quran di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Berdasarkan perhitungan t hitung (6,928) > t tabel (2,021). Hal ini berarti semakin tinggi penggunaan gaya belajar kinestetik, maka semakin tinggi konsentrasi menghafal al-Quran siswa.} }