@thesis{thesis, author={Dr. H. Baidi and Erna Endah Rahayu}, title ={UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI SURAKARTA II TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2017}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1508/}, abstract={Seiring perubahan zaman yang semakin maju, berubah pula tatanan kehidupan masyarakat. Dari hal yang paling kecil, misalnya tegur sapa. Dahulu setiap kali bertemu dengan orang, yang muda menyapa yang tua, akan tetapi sekarang adat seperti itu telah menurun. Fenomena kemerosotan karakter atau akhlak anak pada usia remaja seperti pelecehan seksual, berkelahi, sikap arogan, bertutur kata yang kotor, tidak menghargai orang lain, dan sebagainya apabila dibiarkan dan tidak diarahkan dengan tepat dapat meningkat menjadi tindak kejahatan. Hal ini menjadi peluang bagi guru akidah akhlak untuk melakukan upayanya dengan menekan sekecil mungkin hal- hal negatif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Upaya guru akidah akhlak dalam pembinaan karakter, 2). Kendala yang dihadapi Guru akidah Akhlak dalam pembinaan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Upaya yang dilakukan Guru akidah akhlak dalam pembinaan karakter siswa MTs Negeri Surakarta II diantaranya: Memberikan nasihat, membangun pembiasaan, memberikan teladan, menyediakan fasilitas yang mendukung, dan berkomunikasi dengan berbagai pihak, (2) Permasalahan yang dihadapi Guru akidah akhlak, diantaranya adalah: kurangnya kesadaran dari siswa, fasilitas dan sarana yang kurang lengkap, serta pengaruh dari lingkungan pergaulan.} }