@thesis{thesis, author={Drs. Suluri and Fitri Febri Rustiani}, title ={PELAKSANAAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORIY DAN MURATTAL IRAMA QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN QUR’AN DI LEMBAGA B-QUR’AN SRAGEN TAHUN 2017}, year={2018}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1511/}, abstract={Pada zaman sekarang ini masih banyak guru yang menerapkan metode pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran hafalan qur‟an yang masih kurang menarik bagi siswa-siswinya. Melihat generasi sekarang ini banyak yang belum bisa dan masih kesulitan dalam menghafal Al-Qur‟an secara baik dan benar menurut tajwidnya sehingga diperlukan metode dan teknik belajar mengfalan Al-Qur‟an yang praktis, efektif dan efisien serta dapat menghantarkan anak belajar menghafal Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode Kauny Quantum Memory Dan Murattal Irama Qur’an dalam pembelajaran hafalan qur‟an di lembaga B-Qur‟an Sragen tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan di Lembaga B.Qur‟an Sragen. Subyek penelitianya adalah ustadzah dan siswa-siswi kelas 1 program tahfidz, informanya adalah semua narasumber yaitu ketua yayasan dan Semua siswa-siswi kelas 1 program tahfidz. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan teknik analisis data interaktif dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, kemudian penyajian dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian mengenai pembelajaran menghafal al-qur‟an dengan metode Kauny Quantum Memory Dan Murattal Irama Qur’an di lembaga B.Qur‟an Sragen diperoleh suatu kesimpulan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran menghafal dengan metode KQM dan MURI-Q melalui 3 tahapan yaitu muraja‟ah hafalan sebelumnya, proses pembelajaran menghafal al-Qur‟an dengan metode KQM dan MURI-Q baru kemudian evaluasi. Metode KQM pelaksanaanya yaitu murid dan ustadz menyiapkan al-qur‟annya masing-masing kemudian ustadz memberikan hafalan disertai dengan gerakan untuk menghafal arti dari ayat yang dihafal. Kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang sampai murid hafal. Untuk evaluasinya, setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai murid-murid melakukan muraja‟ah secara bersama-sama satu kelas. Sedangkan metode MURI-Q pelaksanaanya yaitu murid dan ustadz menyiapkan buku MURI-Q masing-masing kemudian ustadz memberikan hafalan dengan irama sesuai kunci nada dan bacaan secara baik dan benar kemudian diikuti oleh murid-muridnya.} }