@thesis{thesis, author={Dr. Fauzi Muharom and Sari Fatimah}, title ={STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI SMP IT SMART CENDEKIA KARANGANOM, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018}, year={2018}, url={http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1518/}, abstract={Peningkatan Mutu Pendidikan Islam merupakan salah satu keharusan lembaga pendidikan melakukan perubahan dan pengembangan agar bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk itu diperlukan seorang pemimpin yang mampu membawa perubahan dalam dunia pendidikan serta terus mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan lembega pendidikan. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengungkap strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SMP IT Smart Cendikia Karanganom, Klaten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2017- Februari 2018 di SMP IT Smart Cendekia Karanganom, Klaten. Subjek dalam penelitian Kepala sekolah, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Guru, Waka, dan siswa di SMP IT Smart Cendikia. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dieriksa dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode, selanjutnya dianalisis dengan model interaktif dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SMPI IT Smart Cendekia Karanganom, Klaten dapat dilihat melalui indikator mutu pendidikan yaitu input, proses dan Output. 1) Strategi kepemimpinaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu input pendidikan melalui: rekrutmen dan penyeleksian tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, seleksi PPDB melalui test dan wawancara, membuat perencanaan program pengembangan pendidikan Islam dan pembuatan SKL 2) Strategi kepemimpinaan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu proses pendidikan melalui: melakukan supervisi terhadap kegiatan KBM dan administrasi pendidikan, memberikan motivasi dengan cara mengingatkan komitmen awal, dan mengajak sharing dan memberi pemahaman kepada anggota yang belum yakin akan amanah yang diberikan, Pembinaan SDM yang meliputi pembinaan skill melalui pelatihan dan workshop, pembinaan keislaman, program peer teaching, menjaga komunikasi serta pengkaryaan SDM dalam berbagai kegiatan sekolah. 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu output Pendidikan melalui: bimbingan belajar untuk siswa, program tahsin dan tahfidz, kajian kitab, training muhadarah, pembiasaan adab Islami, mentoring agama Islam.} }